TANJUNG ERAN BERDAYA

Artikel

Kecamatan Pino Menginisiasi Pelatihan BUMDes Bersama

25 September 2018 03:00:00  Muhamad Difa  208 Kali Dibaca  Berita Kriminal

PINO. 13 Kepala Desa dan  29 Pengurus BUMDes di lingkungan Kecamatan Pino mendapatkan Pelatihan Pengelolaan BUMDes yang dilaksanakan di Aula Hotel Bunda,Manna (25-26/09/2018). Pelatihan ini merupakan inisiasi bersama dari Pemerintah Kecamatan Pino dan Pemerintah Desa dilingkungan Kecamatan Pino.

Semangat awal pelaksanaan pelatihan  ini adalah untuk meningkatkan kapabilitas dan pengetahuan Kepala Desa dan Pengurus Badan usaha Milik Desa (BUMDes). Karena kedepan adanya BUMDes akan menjadi lokomotif bagi berkembangnya ekonomi desa yang dapat mensejahterakan.

Dalam Pelatihan Pengelolan BUMDes yang mengambil tema “Strategi Pengelolaan  dan Pengembangan BUMDes Menuju Kemandirian Ekonomi Desa” Panitia Pelatihan menghadirkan Pemateri-pemateri yang berkompeten dibidangnya. Pemateri pertama yang di hadirkan merupakan praktisi pemberdayaan masyarakat yang sangat konsen terhadap pengembangan ekonomi pedesaan dan jusa sebagai Ketua Dewan Pakar GEMKUMINDO Pusat , Bapak Hermen Malik, Phd, beliau menyampaikan materi tentang BUMDes sebagai Jalan Membangun Desa. Kemudian dilanjutkan dengan materi kedua yang di sampaikan oleh Bapak Gusnan Mulyadi,SE.MM , Plt. Bupati Bengkulu Selatan tentang Kewirausahaan. Dan untuk materi terahir untuk hari ini dari Bapak Siswanto. S.Sos. M.Si  , Kepala Dinas PMD Bengkulu Selatan menyampaikan tentang regulasi dan kebijakan tentang BUMDes.

Bapak Hermen Malik,Phd. Menyampaikankan bahwa keberhasilan pembangunan BUMDes terletak pada kreativitas kita meramu sumber-daya dan prediksi masa depan. Kemudian beliau juga menyampaikan bahwa kalau pelatihan BUMDes ini tidak di ikuti dengan  tindakan-tindakan perubahan  maka sama saja dengan wacana tidak ada nilainya, maka perlu ada pelatihan teknis tindak lanjut.

Selanjutnya Bapak Gusnan Mulyadi, SE.MM  yang bertindak juga sebagai praktisi kewirausahaan menyarankan agar pengurus BUMDes dapat membuka diri dan bisa membaca peluang-peluang yang ada serta harus berani menghadapi tantangan. Beliau menyampaikan alternative-alternatif jenis usaha yang dapat dikelola oleh BUMDes dan sangat menguntungkan. Salah satu jenis usaha yang diwacanakan oleh Bapak Gusnan adalah usaha Pengemukan Sapi.  

Harapan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) menciptakan lompatan kesejahteraan bagi desa-desa se-Indonesia sesungguhnya bukan harapan kosong. BUMDesa memiliki seluruh kekuatan menuju ke sana mulai dari dukungan negara berupa UU NO 6 Tahun 2014 Tentang Desa hingga dana yang dikucurkan pemerintah langsung ke desa-desa untuk mencapai tujuan itu.

Pelatihan yang dijadwalkan selama dua hari ini mendapatkan apresiasi yang baik dari para pemateri karena melihat antusiasme peserta yang terlihat dan adanya semangat baru untuk dapat mengelola BUMDes untuk semakin maju. Untuk Pelatihan dihari kedua, panitia menghadirkan pemateri dari TA PED Bengkulu Selatan, Bapak Emistuatanasay dan Bapak Koko Andalase dari lembaga Kabahill Center. .(Cetta)

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Statistik Penduduk

Aparatur Desa

Back Next

Arsip Artikel

30 Juli 2018 | 29.983 Kali
PEMERINTAH DESA
31 Juli 2018 | 29.981 Kali
BUMDes TIGA SERUMPUN
31 Juli 2018 | 29.981 Kali
KARANG TARUNA TRI SAKTI
30 Juli 2018 | 29.974 Kali
WILAYAH DESA
24 Agustus 2016 | 29.973 Kali
Data Desa
30 Juli 2018 | 29.972 Kali
SEJARAH DESA
06 April 2020 | 29.971 Kali
BPD Tanjung Eran

Agenda

Belum ada agenda

Sinergi Program

PUSKOMINFO PPDI MEDIA CENTER BENGKULU SELATAN

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:106
    Kemarin:134
    Total Pengunjung:205.969
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.235.60.144
    Browser:Tidak ditemukan