TANJUNG ERAN BERDAYA

Artikel

TANJUNG ERAN BIMTEK TERNAK SAPI

19 November 2019 05:56:59  Bengkulu  225 Kali Dibaca  Berita Lokal

Mandi Angin. Peluang usaha ternak sapi di Bengkulu Selatan masih sangat menjanjikan. Kegiatan ini pun, diperkirakan mampu menaikkan taraf kesejahteraan ekonomi bagi masyarakat. Prospek beternak sapi pun cukup cerah. Usaha ternak sapi bisa menjadi salah satu pilihan alternatif untuk pengembangan ekonomi masyarakat pedesaan di Kabupaten Bengkulu Selatan.

Ternak sapi bagi masyarakat Desa Tanjung Eran bukan hal yang asing lagi, dimana saat ini setidaknya ada 100 ekor sapi yang di miliki oleh masyarakat Desa Tanjung Eran. Namun demikian dalam mengusahakanya masih bersifat tradisional atau extensive, yaitu ternak sapi masih dilepas liarkan. Sedangkan usaha ternak sapi secara Semi Intensif bahkan secara Intensif belum dikenal oleh masyarakat Desa Tanjung Eran.

Dengan semangat untuk mengenalkan Usaha Ternak Sapi yang baik dan lebih menuntungkan kepada masyarakat,. Rudi Hartono, Kepala Desa Tanjung Eran berinisiatif untuk mengadakan Bimbingan Teknis Budidaya Ternak Sapi kepada masyarakat. (selasa/19/11/2019)

Bimbingan Teknis yang diikuti oleh peserta yang mayoritas merupakan warga yang memiliki ternak sapi dilakukan di Kantor Desa Tanjung Eran. Dalam Bimbingan Teknis Budidaya Sapi ini Pemerintah Desa mengundang dua orang Narasumber, Surahman,M.Kes, Camat Pino dan Marhen,S.Pt, M.Sc, praktisi ternak sapi.

Surahman,M.Kes, menyampaikan materi tentang Peraturan Daerah No 9 tahun 2013 tentang Hewan Ternak, dimana Surahman membahas tentang aturan yang dimiliki oleh Kabupaten Bengkulu Selatan tentang Pemeliharaan dan Penertiban Hewan Ternak, sekaligus terhadap dampak dampak hukum apabila hewan ternak masih dilepas liarkan.

Praktisi Ternak Sapi yang sudah berpengalaman secara Teori dan Praktek, Marhen, S.Pt,M.Sc,, sengaja di undang oleh Pemerintah Desa Tanjung Eran untuk membagi kan ilmunya sehingga masyarakat menjadi lebih tertarik untuk membudidayakan ternak sapi secara semi intensif bahkan intensif.

Marhen,S.Pt,M.Sc, putra asli muara danau seginim ini menceritakan pengalaman-pengalaman nya dalam mendampingi para peternak sapi baik itu di Bengkulu maupun di daerah lain. Marhen juga menyampaikan tahapan-tahapan yang perlu diperhatikan dalam memulai usaha ternah sapi yang baik. Selanjutnya Pemateri juga menyampakan teknis dalam pemeliharaa ternak sapi dan perhitungan ekonomis nya.

Jahirwan, Salah satu peserta Bimtek ini mengapresiasi inisiatif Pemerintah Desa mengadakan kegiatan Bimtek ini, namun demikian Jahirwan mengharapkan ada nya contoh nyata dari keberhasilan usaha ternak sapi di daerah kita agar dapat dijadikan contoh dan tempat belajar secara langsung.

Rudi Hartono, Kepala Desa yang visioner ini menyampaikan bahwa tahun ini Pemerintah Desa membuat Kandang Sapi percontohan lengkap dengan mesin pencacah pakannya yang kemudian akan dikelola oleh BUMDes TIga Serumpun, progress pembangunan Kandang nya sudah mencapai 50 %.

“Kedepan kita akan lakukan lagi kegiatan Bimtek Ternak Sapi ini lebih intensif lagi, sekaligus nanti jika memungkinkan kita studi banding ke peternak-peternak sapi yang sudah berhasil di Kabupaten Bengkulu Selatan ini” kata Rudi Hartono memberi motivasi kepada peserta BimTek. (34_l-ab)

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Statistik Penduduk

Aparatur Desa

Back Next

Arsip Artikel

30 Juli 2018 | 29.983 Kali
PEMERINTAH DESA
31 Juli 2018 | 29.981 Kali
BUMDes TIGA SERUMPUN
31 Juli 2018 | 29.981 Kali
KARANG TARUNA TRI SAKTI
30 Juli 2018 | 29.974 Kali
WILAYAH DESA
24 Agustus 2016 | 29.973 Kali
Data Desa
30 Juli 2018 | 29.972 Kali
SEJARAH DESA
06 April 2020 | 29.971 Kali
BPD Tanjung Eran

Agenda

Belum ada agenda

Sinergi Program

PUSKOMINFO PPDI MEDIA CENTER BENGKULU SELATAN

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:99
    Kemarin:134
    Total Pengunjung:205.962
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.235.60.144
    Browser:Tidak ditemukan