TANJUNG ERAN BERDAYA

Artikel

Jamur Tiram TP PKK Tanjung Eran sudah rutin berproduksi

14 Februari 2019 08:03:16    155 Kali Dibaca 

Mandi Angin, Tidak semua jamur bisa dimasak dan dihidangkan sebagai lauk pauk. Namun jamur tiram yang kerap dijumpai dipasar tradisional untuk diperjual belikan, tentunya bisa dikonsumsi dan aman untuk disantap.

Berawal dari rasa penasaran akan cara budidaya jamur tiram , Norma Tati, Ketua Tim Pengerak PKK Desa Tanjung Eran pada awal tahun 2018 mengusulkan kepada Pemerintah Desa Tanjung Eran untuk dapat memfasilitasi ibu-ibu PKK untuk belajar dan berlatih membudidayakan jamur tiram, sebagai alternative sumber pangan keluarga juga sebagai alternative usaha rumahan.

Usulan tersebut di tangkap oleh Pemerintah Desa, akhirnya dengan berbagai pertimbangan, di bentuklah kelompok usaha TP PKK untuk dapat mengusahakan budi daya jamur tiram. Langkah awal yang ditempuh oleh pemerintah desa adalah mencari mentor yang dapat membantu ibu-ibu PKK dalam usaha ini. Akhirnya Pemerintah Desa dibantu oleh tim dari Akademi Peradaban Desa (APD) Bengkulu membimbing ibu-ibu PKK untuk melakukan rintisan usaha budidaya jamur tiram.

Untuk tahap pertama dibuatlah 1000 buah baglog untuk di budidayakan dan di usahakan oleh ibu ibu PKK dengan terus di bimbing oleh rekan dari Akademi Peradaban Desa.

Saat ini jamur yang dibudidayakn mampu menghasilkan 5-7 kg perhari yang di jual segar ke masyarakat. “Alhamdulilah saat ini perhari kita sudah bisa menghasilkan jamur tiram 5-7 kg dan habis di beli oleh masyarakat” kata Normatati sebagai ketua TP PKK Tanjung Eran. “tahun ini kita mengusulkan kepada pemerintah desa untuk dapat membantu kami mengembangkan usaha jamur tiram ini menjadi lebih maju lagi,kedepan kami ingin bisa membuat produk olahan dari jamur tiram seperti jamur crispy.” Kata Normatati selanjutnya.

Saat ini jamur tiram yang di hasilkan masih di jual langsung ke masyarakat dengan cara door to door dan juga melalui system pesanan yang akan di antar langsung ke rumah. Saat ini ibu-ibu PKK baru melayani penjualan jamur tiram di seputaran kecamatan pino.

 Rudi Hartono, Kepala Desa Tanjung Eran sangat mengapresiasi kegiatan ibi-ibu PKK ini. “Kita tahun 2019 ini akan mengupayakan membantu TP PKK untuk mengembangkan usaha ini, ini bisa menjadi produk unggulan desa. Nanti kita coba fasilitasi untuk pelatih dan juga peralatan untuk mendukung usaha jamur tiram ini” kata Rudi Hartono dengan optimis. cetta

 

 

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Statistik Penduduk

Aparatur Desa

Back Next

Agenda

Belum ada agenda

Sinergi Program

PUSKOMINFO PPDI MEDIA CENTER BENGKULU SELATAN

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:69
    Kemarin:77
    Total Pengunjung:210.878
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.215.177.171
    Browser:Tidak ditemukan