TANJUNG ERAN BERDAYA

Artikel

Tanjung Eran di Periksa Tim Monev

10 September 2019 18:40:49  Bengkulu  187 Kali Dibaca  Berita Lokal

Mandi Angin. Untuk mengetahui progres pemanfaatan dana desa dan alokasi dana desa, Tim Monitoring Kecamatan  Pino Kabupaten Bengkulu Selatan melakukan monitoring dan evaluasi (monev) terhadap kegiatan Dana Desa maupun Alokasi Dana Desa tahun 2019.

Selasa (10/9/2018), Tim Monitoring DD dan ADD Kecamatan Pino melakukan kunjungan ke Desa Tanjung Eran untuk melihat secara langsung progress kegiatan dan LPJ yang sudah dilaksanakan. Tim Monitoring yang terdiri dari unsur Pemerintah Kecamatan, Polsek, Koramil dan Pendamping Desa.

Tim Monitoring yang di pimpin oleh Hendra Gunawan, Sekcam Kecamatan Pino, melakukan Monitoring dan Evaluasi Belanja Keuangan ADD dan DD tahun 2019  selama 3,5 jam dari pukul 13.00 WIB s.d. 16.30.00. Pengecekan dilakukan baik secara administratif LPJ maupun cros cek di lapangan.

Hendra Gunawan, Sekcam Pino yang didampingi oleh Kasi PMD dan Kasi Pemerintahan Kecamatan Pino mengatakan bahwa dalam Monitoring dan Evaluasi yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana progress yang sudah tercapai dan memeriksa kesesuaian antara fisik yang di kerjakan dengan LPJ yang di buat juga untuk melihat kelengkapan LPJ agar kedepan tidak ditemukan permasalahan.

Sementara itu, Ari Febriadi, Pendamping Desa Kecamatan Pino yang hadir bersama Apni Susanty, Pendamping Desa, Herzan, Untung dan Yopi Sulastri Pendamping Lokal Desa menyampaikan bahwa dalam kunjungan Monev ini salah satunya bertujuan untuk melihat kelengkapan administrasi atas kegiatan-kegiatan yang sudah dikerjakan.

“Kita mau lihat kelengkapan administrasi dan kondisi riil pengerjaan dilapangan dari dana yang sudah ditransfer di tahun ini. Kita berharap dana tersebut dikelola dengan baik oleh pemerintah desa secara bertanggung jawab dan secara administrasi lengkap” kata Ari.

Pemeriksaan dokumen LPJ dilakukan dengan memeriksa dokumen per masing masing pelaksana kegiatan. Sementara untuk kegiatan Pembangunan dilanjutkan dengan melakukan kros cek ke lapangan untuk mengetahui kesesuaian antara RAB , Fisik  dan dokumen administrasi.

Selanjutnya setelah pemeriksaan dokumen dan fisik selesai dilaksanakan kemudian dilanjutkan dengan presentasi hasil temuan temuan untuk dapat di evaluasi bersama sama agar dapat segera diperbaiki agar kedepan tidak ada permasalahan.

Rudi Hartono, Kepala Desa Tanjung Eran, sangat berterima kasih atas kedatangan Tim Monitoring yang sudah membantu melakukan monitoring, sehingga kami bisa segera memperbaiki kekurangan-kekurangan yang di temukan.

IPDA Surya Dharma, Kanit BinMas Polsek Pino yang turut serta dalam Monitoring bersama Babinsa Koramil Masat, A Rapani, menyampaikan dalam  penutupan kegiatan, bahwa kegiatan monitoring ini merupakan salah satu kegiatan Tiga Pilar yang terdiri dari Pemerintah, Polisi dan TNI dalam memonitoring dan evaluasi Dana Desa sesuai dengan MoU di tingkat pusat, untuk meminimalisir penyimpangan-penyimpangan yang mungkin terjadi dalam pemanfaatan dana desa. (34_L-Ab)

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Statistik Penduduk

Aparatur Desa

Back Next

Agenda

Belum ada agenda

Sinergi Program

PUSKOMINFO PPDI MEDIA CENTER BENGKULU SELATAN

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:64
    Kemarin:77
    Total Pengunjung:210.873
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.215.177.171
    Browser:Tidak ditemukan