• Jln. Mandi Angin, Desa Tanjung Eran, Kec. Pino
  • 082289299678
  • mandiangin.tepino@gmail.com
INFO
  • BERBENAH, BERGERAK, MAJU

PMT Bagi Ibu Hamil dan Balita sebagi upaya Peningkatan Kualitas SDM dan Mencegah Stunting

13 November 2020 Bengkulu Berita KITA Dibaca 64 Kali

Mandi Angin. Posyandu Desa Tanjung Eran yang kadernya berasal dari  tiga dusun di Desa Tanjung Eran yaitu dusun Karang Indah, Mandi Angin dan Rantau Tenang menggelar pemeriksaan rutin kepada balita, ibu hamil dan Menyusui di Aula Gedung BUMDES, Jum’at (13/11). Program pemeriksaan kesehatan balita dilaksanakan oleh Bidan Desa, Petugas Kesehatan Puskesmas Anggut dan seluruh Kader Kesehatan Desa di Desa Tanjung Eran.

Ketua Tim Penggerak PKK Desa Tanjung Eran, Ibu Normatati mengatakan, “Pelaksanaan  Kegiatan rutin posyandu desa Tanjung Eran pada pagi hari ini diikuti balita, ibu hamil dan juga ibu menyusui. Kegiatan rutin ini berupa pemeriksaan kesehatan, yaitu penimbangan berat badan balita, pengukuran tinggi badan, pengukuran lingkar kepala dan pemberian makanan tambahan (PMT). PMT ini anggaran dari Dana Desa tahun anggaran 2020,“ jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kades Tanjung Eran, Rudi Hartono. mengatakan “Sejak Tahun 2016 Pemerintah Desa Tanjung Eran telah mengalokasikan anggaran untuk keperluan bagi dua kelompok Posyandu dan satu kelompok Posbindu Lansia termasuk untuk Kegiatan PMT bagi balita, lansia, ibu hamil juga ibu menyusui. Juga dianggarkan insentif bagi kader posyandu. Hal ini merupakan komitmen dari pemerintah desa untuk mendukung kegiatan Posyandu yang merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat yang dikelola dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat, guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar.”, tuturnya.

Pemberian Makanan Tambahan (PMT) merupakan kegiatan pemberian makanan kepada balita dan ibu hamil dalam bentuk kudapan yang aman dan bermutu Serta mengandung nilai gizi yang sesuai dengan kebutuhan sasaran. PMT yang diberikan kepada balita dan ibu hamil merupakan hasil olahan dari para kader posyandu sendiri.

Untuk ibu hamil selain mendapatkan paket makanan bergizi lengkap juga mendapatkan Susu Formula dan Multivitamin, saat ini di tanjung eran terdapat 8 orang ibu hamil. Sedangkan untuk Balita di bawah usia 2 tahun yang berjumlah 17 balita selain kudapan sehat juga mendapatkan susu formula, sedangkan 20 balita lain yang berusia diatas 2 tahun hanya mendapatkan kudapan sehat bergizi lengkap. Pemberian Makanan Tambahan ini juga merupakan salah satu upaya untuk mencegah terjadinya stunting pada anak, dimana usia 1000 hari pertama kehidupan (HPK) menentukan kualitas manusia kedepanya. 1000 HPK di mulai dari masa kehamilan hingga balita berusia 2 tahun. (cett)

 

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar